Adsense business is no longer attractive

Daftar Isi

Selamat malam semuanya, semoga hari ini maksimal dalam bekerja dan besok weekend adalah waktunya untuk me-time dengan keluarga ataupun jalan-jalan sendiri ya kan.

Google Adsense adalah program bagi hasil (reveneu advertisement) yang dibuat oleh Google untuk para Blogger di seluruh dunia dengan cara menanyangkan iklan-iklan yang ada di Google. Di Indonesia  sendiri Google Adsense terkenal dari tahun 2006, dan saya sendiri mengenalnya ditahun 2009. Saldo adsense saya waktu itu sudah mencapai Rp800.000 namun saya jual pada tahun 2019 seharga Rp2.500.000 tanpa site didalamnya. Adapun kenapa dijual pada waktu itu sudah tidak sempat lagi menggerakan otak ini untuk menulis dan mencari topik yang sedang hangat di Google Trends. Akhirnya terpaksa saya jual.

Namun aneh, sejak account Adsense 2009 saya jual tersebut, ternyata hati ini ingin memulai lagi dan akhirnya saya menemukan blog ini yang pada waktu itu saya akuisisi senilai Rp500.000 include adsense nya ada saldo waktu itu Rp150.000 menurut saya ini sangatlah murah.

Image by AS Photograpy from Pixabay

Aktif sebentar dari 2019 sampai dengan 2020 kurang lebih satu tahun, ternyata setelah itu tidak aktif kembali dikarenakan sibuknya pekerjaan offline. Dan bahkan sejak jaman COVID melanda malah menjadi makin tidak produktif menghasilkan tulisan-tulisan untuk blog ini. Dan bahkan ada beberapa orang yang menwara blog saya ini, cuman saya putuskan memang tidak akan dijual.

Group FB Blogger

Saya sendiri join di komunitas di Facebook yang didirikan oleh Mastimon dengan member yang cukup aktif. Sangat senang membaca komentar-komentar di group yang dimana antusiasmen member untuk meraup pundi-pundi rupiah dari program Google Adsense ini.

Di group itu ataupun group-group lainnya juga ternyata masih banyak aksi scammer yang sering memanfaatkan kepolosan manusia yang ingin sukses jalur adsense tanpa pengorbanan, yakni membeli account adsense. Dan parahnya lagi banyak yang tergiur account adsense tanpa blog, padahal account adsense tanpa blog sama saja membeli mie ayam tanpa dikasih toping ayamnya.

Alhasil banyak terjadi keluhan susahnya add site di Adsense. Hahaha... Lucu aja sih jadinya...

Blogger Moved-to TikTok

Saya juga kaget, waktu mengetahui blogger besar seperti Mastimon ternyata juga sedikit beralih ke TikTok Affiliate. Dan saya pernah nonton livenya Mastimon di account tiktoknya. 

Kalau menurut saya, dengan beberapa blogger-blogger besar yang sudah tidak aktif lagi ngeblog di jalur adsense ini suatu tanda bahwasannya Adsense sudah tidak menarik lagi untuk para blogger. Terlebih trend saat ini lebih ke visualisasi dimana manusia lebih asik menonton pergerakan visualisasi atau video pendek dibanding membaca sebuah artikel di blog temen-temen.

Mungkin hal inilah yang menyebabkan traffic-traffic tidak se-ekstrim tahun 2008 sampai dengan tahun 2010 an dimana trend Video pendek belum terlalu semassive saat ini.

Kesimpulan

Saya sendiripun sidehustle saat ini adalah investasi di saham, dimana memang lebih menghasilkan daripada bermain dengan Google Adsense yang menurut saya sangat tidak effektif dan teralalu membutuhkan efforts yang sangat besar dibandingkan dengan aktifitas investasi saham saya saat ini.

Mungkin bagi kamu yang ingin terjun di dunia Google Adsense, menurut saya perlu difahami untuk dipikir kembali karena takutnya akan mensia-siakan waktu kamu. 

Posting Komentar